Selasa, 13 Maret 2018

Pengertian komputer jaringan

Pengertian komputer jaringan

Pengertian Komputer

Jika ditinjau berdasarkan etimologi, komputer berasal dari bahasa Inggris ‘computer’, awalnya arti dari kata tersebut adalah orang yang melakukan kalkulasi atau penghitungan. Seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan pada pengertian komputer. Hingga akhirnya komputer memiliki pengertian sebagai sebuah alat yang bisa menerima perintah atau intruksi untuk melakukan operasi aritmatik dan logika secara otomatis.
Kemampuan komputer untuk mengikuti serangkaian operasi disebut dengan program. Hal inilah yang membuat komputer bisa menjalankan berbagai macam tugas yang diperintahkan. Sedangkan yang dimaksud intruksi adalah perintah yang diberikan kepada komputer, perintahnya tentu bukan perintah biasa melainkan perintah yang bisa dipahami komputer.

Jaringan komputer (jaringan)

Jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service)

<<================================================ >>

Macam Macam Jaringan Komputer 

1. Jaringan LAN ( Lokal Area Network)

jenis-jenis jaringan komputer
gambar jaringan LAN
   
 LAN ( Lokal Area Network ) merupakan kependekan dari Local Area Network. Dari namanya saja sudah mendeskripsikan bahwa jaringan LAN ini merupakan tipe jaringan paling sederhana dan juga paling kecil ruang lingkupnya. Biasanya jaringan LAN hanya digunakan dalam ruang lingkup kecil, seperti satu ruangan, satu rumah, satu sekolah, ataupun satu warnet.

 

 

 2. Jaringan MAN ( Metropolitan Area Network ) 

MAN
Gambar jaringan MAN

MAN ( Metropolitan Area Network ) adalah Metropolitan Area Network, merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN yang menjadi satu, sehingga bisa tersambung dalam ruang lingkup yang lebih besar dari satu ruangan saja. Biasanya, MAN diaplikasikan untuk mengkoneksikan komputer melalui jaringan, pada satu kota tertentu. Namun di Indonesia, penggunaan MAN tidak berkembang dan jarang sekali digunakan.
Jaringan komputer MAN ini lebih efisien untuk cakupan yang lebih luas, dengan menggunakan tipe jaringan MAN ini para user akan lebih mudah mengakses data dari user lainnya meski lokasi mereka tidaklah dekat. Jaringan ini lebih sering di gunakan oleh gedung-gedung yang memiliki keterkaitan satu sama lain, seperti gedung perkantoran.
Tentunya manfaat jaringan komputer ini sangat berguna oleh beberapa instansi yang memang menggunakan jaringan MAN dalam kegiatan pekerjaan mereka. Selain lebih memudahkan dalam pengiriman file dari satu tempat ke tempat lainnya, penggunaan jaringan MAN ini lebih efektif untuk di gunakan secara bersamaan.

 3. Jaringan WAN ( Wide Area Network )

wan
Gambar jaringan WAN


WAN ( Wide Area Network ) merupakan jaringan yang jauh lebih luas ruang lingkupnya, seperti satu negara, satu benua, bahkan satu dunia. Internet yang biasa kita gunakan termasuk ke dalam jaringan WAN atau Wide Area Network, karena dapat menghubungkan komputer kita dengan jaringan seluruh dunia.
Teknologi jaringan WAN ini menggunakan kabel yang terletak di dalam tanah maupun di dasar laut, dengan begitu jaringan yang tercakup lebih luas bahkan antar benua dan banyak negara. Terdapat jenis-jenis kabel jaringan komputer yang biasa di gunakan, dan kebel yang di gunakan untuk jaringan WAN ini menggunakan kabel fiber optic yang cukup kuat sehingga rentan akan kerusakan meski tertanam di dalam tanah maupun di lautan.
Kelebihan dari jaringan ini memiliki speed yang cukup baik dan stabil, pertukaran informasi yang di lakukanpun lebih aman dan terarah. Karena menyangkut hubungan antar negara maka jaringan ini cukup baik di bandingkan jaringan LAN dan jaringan MAN. Namun terdapat kekurangan juga dari jaringan WAN ini, yaitu biaya oprasional yang cukup tinggi sebab harus menyediakan kabel yang lebih banyak dan biaya maintenance untuk jaringan agar lebih aman.

4. Jaringan PAN ( Personal Area Network )  

Hasil gambar untuk definisi jaringan pan
Gambar jaringan PAN
PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, yaitu hanya dalam beberapa meter saja. Personal Area Network atau sering disebut PAN, menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan Bluetooth. PAN dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti Firewire dan USB.

Kegunaan PAN 1. Untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2. Sebagai komunikasi personal









Contoh Penggunaan PAN
1. Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth
2. Menghubungkan headset dengan Laptop menggunakan Bluetooth



Manfaat Jaringan Komputer

Setelah memahami mengenai pengertian jaringan komputer, selanjutnya perlu diketahui pula mengenai manfaatnya. Dengan mengetahui manfaat jaringan komputer, maka motivasi untuk mempelajari jaringan komputer pun akan semakin besar pula. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Menghemat Biaya

Penggunaan jaringan komputer tentunya menghemat biaya pembelian berbagai perangkat pendukung atau sumber daya. Misalnya saja dalam sebuah kantor, beberapa komputer bisa menggunakan printer yang sama secara bergantian. Masing-masing komputer bisa memberikan perintah untuk mencetak dokumen langsung dari komputer tanpa harus memindahkan data dengan alat bantu seperti CD atau flash drive.

2. Memudahkan Lalu Lintas Data

dalam sebuah jaringan komputer, seorang pengguna komputer bisa berbagi data dengan pengguna lainnya dengan mudah. Sekali lagi, lalu lintas data ini bisa dilakukan tanpa perangkat bantuan seperti CD atau flash drive. Pengguna komputer bisa dengan mudah mengakses data di komputer lain tentu saja jika telah diberi kewenangan.

3. Keamanan Data

Berkaitan dengan keamanan data, jaringan komputer yang menghubungan beberapa komputer bisa menjadi sarana untuk mem-backup data. Jika salah satu komputer mengalami kerusakan, maka data yang penting tetap aman karena telah disimpan di komputer lain dengan memanfaatkan jaringan yang ada.

4. Memaksimalkan Penggunaan Internet

Dengan menggunakan jaringan komputer, fasilitas internet tak hanya bisa dinikmati oleh satu komputer saja. Fasilitas internet bisa diakses pula oleh komputer-komputer lainnya. Dengan demikian fasilitas internet bisa dimanfaatkan secara maksimal.
Pengertian jaringan komputer pada dasarnya merupakan suatu sistem atau perangkat jaringan untuk mendukung aktivitas pengolahan data hingga penyajiannya. Dengan memahami pengertian dan manfaatnya ini, maka tentu mempelajari ilmu jaringan komputer menjadi semakin menarik dan semakin termotivasi.




Kunjungi halaman blogger saya.
Judul : Pengertian Komputer Jaringan
mybloggerjarkom.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar